Sukses Keren Tanpa Ngoyo

Apa itu Meditasi

on Aug 6, 2013 | 0 comments

Banyak orang merasakan manfaat meditasi, senang serta terbuka terhadap konsep meditasi, Namun tidak sedikit juga yang takut dan salah persepsi terhadap meditasi. Sebagian orang  ada yang menganggap meditasi semacam ritual agama yang bisa menyesatkan. Ada yang bilang meditasi haram ada yang bilang halal.

Tak kenal maka tak sayang. Sebenarnya tidak ada yang perlu ditakuti dengan istilah meditasi.  Meditasi bukan ritual yang aneh,  Proses  meditasi bisa dikatakan sebagai latihan disiplin untuk mental agar bisa menenangkan pikiran dan memasuki  keadaan rileks yang dalam atau menurunkan gelombang otak.

Satu kata yang mungkin pas untuk  menggambarkan proses meditasi adalah  RELAKSASI

Meditasi Secara Tinjauan Ilmiah

Dalam proses relaksasi kita menurunkan gelombang otak. Semakin rileks maka gelombang otak semakin menurun.

Gelombang Otak kita berubah ubah setiap saat sesuai dengan kegiatan yang kita lakukan dan  keadaan fisik kita. Pernahkah  anda pergi ke pantai atau gunung yang indah lalu seketika anda merasa lebih relaks dan mungkin lama kelamaan mengantuk mendengar suara deburan ombak atau menikmati angin sepoi sepoi di pegunungan?.  Nah itu akibat dari gelombang otak anda yang turun pada keadaan Alpha keadaan rileks seperti saat anda sebelum tidur.

Secara umum sering gelombang otak dikategorikan menjadi 4 tahap

1.  Gelombang  Otak beta

anda memasuki gelombang otak ini saat anda beraktivitas sehari hari seperti, mengendarai mobil, memasak, membuat perencanaan keuangan, diskusi, seminar,  rapat, dll. Saat gelombang beta terlalu tinggi anda mengalami stress atau kegelisahan.

2. Gelombang Otak Alpha

anda memasuki gelombang ini saat anda lebih rileks dan fokus pada satu hal, misalkan melakukan ritual Dzikir, atau membaca, nonton TV,  mendengarkan musik yang tenang dll. saat alpha otak mengeluarkan kimia yang membuat anda tenang dan lebih gembira.

3, Gelombang Otak Theta

anda memasuki gelombang ini ketika anda sudah mulai jatuh tertidur, atau awal awal tidur anda. Gelombang Theta biasanya berada ditahap tidur dengan  mimpi, dimana anda tidur dan mulai bermimpi. Mimpi itu gunanya adalah untuk melepaskan beban atau masalah yang anda temui  dalam kegiatan sehari hari saat anda di gelombang Beta.

Ingat atau tidak ingat sebenarnya saat anda tidur anda selalu  memasuki wilayah mimpi.

4. Gelombang Otak Delta

Ketika anda sudah tertidur sangat pulas, maka anda memasuki gelombang otak Delta. saat berada di gelombang ini, disitulah satu satunya saat otak anda mengeluarkan hormon hormon yang bermanfaat bagi regenerasi cell tubuh.  Hormon yang dikeluarkan antara lain seperti hormon HGH atau hormon pertumbuhan.  Jika anda jarang tidur nyenyak, maka tubuh anda akan kekurangan pasokan untuk memperbaiki atau meregenerasi cellnya. Mungkin dampaknya anda bisa cepat terlihat tua, atau  stamina anda menurun.

Manfaat Meditasi

Nah keempat tahapan Gelombang otak itu memang baik jika kita rasakan dan lewati satu persatu karena semua mengeluarkan kimia yang kita perlukan dalam menghadapi hidup dan mengelola tubuh fisik dan mental kita.

Namun tidak semua orang mempunyai kesempatan bersantai memasuki gelombang alpha dengan pergi ketempat indah dll. Tidak semua orang juga memiliki lingkungan yang bisa digunakan untuk tidur pulas. Disinilah meditasi bisa berperan banyak. Meditasi secara perlahan akan menurunkan gelombang otak anda dan juga detak jantung serta nafas anda kedalam gelombang yang lebih tenang. Dengan menenangkan pikiran dan memperhatikan nafas maka tubuh dan pikiran anda semakin rileks, gelombang otak anda turun dari beta menuju alpha lalu theta dan mungkin delta dalam waktu singkat.

Demikian sekelumit tentang meditasi.  Ada berbagai macam cara untuk orang menenangkan pikiran, dilakukan sesuai budaya orang itu masing masing. Ada yang dengan memfokuskan melihat lilin agar tenang, ada yang fokus memperhatikan nafas, ada yang fokus melihat objek seperti tanaman atau mengeluarkan suara seperti ohm, semua dengan tujuan sederhana untuk mengalihkan pikiran dan memasuki zona gelombang yang lebih   rileks lebih fokus atau gelombang alpha seperti membaca buku, atau menonton TV yang sudah teteh  sebutkan diatas.

Sebelum anda berpikir yang tidak tidak atau membuat drama terhadap penilaian   apa itu meditasi dan  tentang meditasi, cobalah untuk bernafas dengan tenang dan sadar.  Meditasi hanya sesederhana itu.  Meditasi  bukan milik agama tertentu, meditasi hanya cara untuk menurunkan gelombang otak, relaksasi diri dan menyadari kehadiran diri dan pikiran anda. Agama tertentu melakukan relaksasi dengan cara dan budayanya masing masing. Budaya Islam Berdzikir, atau itikaf,  budaya universal  melalui kontemplasi, Budha mengeluarkan suara ohm dll.

Mengapa meditasi bermanfaat?  Karena selain kita mendapatkan semua kimia dan hormon yang dikeluarkan gelombang otak  di level yang berbeda,  saat anda rileks, maka  hati anda  juga akan lebih lapang dan terbuka, anda pun akan lebih mudah mendapat inspirasi dan meningkatkan kreativitas untuk mengatasi kesulitan anda.  Selain itu kalau anda lebih tenang tentu aura anda juga akan lebih sehat dan bersinar

 

 

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>