Sukses Keren Tanpa Ngoyo

EFEK NEGATIF MEMANASKAN MAKANAN MENGGUNAKAN MICROWAVE

on Dec 9, 2014 | 0 comments

Sekarang ini hampir semua orang atau keluarga memakai fasilitas microwave baik untuk alasan lebih praktis ataupun hemat. Dengan menggunakan microwave, hanya butuh waktu 3 menit untuk menghangatkan makanan yang baru keluar dari lemari es langsung. Tapi, tahukah anda makanan yang dipanaskan dengan microwave ternyata kurang baik bagi kesehatan?

Berikut beberapa dampak negatif memanaskan makanan menggunakan microwave :

1. Mengubah komposisi darah
Hasil penelitian di swiss menunjukkan adanya perubahan darah pada orang yang yang mengkonsumsi makanan yang dipanaskan menggunakan microwave. Radiasi non-ionizing microwave dapat mempengaruhi perubahan komposisi darah. Penelitian mengungkapkan jumlah sel darah merah mengalami penurunan, dan jumlah sel darah putih mengalami peningkatan bersamaan dengan kadar kolesterol.

2. Menghilangkan kandungan gizi ASI dan vitamin B12
Memanaskan makanan menggunakan microwave menyebabkan hilangnya manfaat vitamin B12. Sebuah penelitian mengungkapkan, vitamin yang hilang karena menggunakan microwave mencapai 30 sampai 40 persen. Vitamin B12 akan berubah menjadi bentuk yang tidak aktif. Zat-zat dalam ASI yang berfungsi sebagai pelawan bakteri akan hancur saat dipanaskan menggunakan microwave. ASI beku yang dipanaskan dengan suhu tinggi mempunyai pertumbuhan bakteri E Coli 18 kali lebih besar dibandingkan ASI yang tidak dipanaskan. Sedangkan ASI yang dipanaskan dengan suhu rendah juga menyebabkan peningkatan pertumbuhan bakteri yang berbahaya bagi bayi.

4. Mengubah detak jantung
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa tingkat radiasi dari microwave mempengaruhi jantung. Microwave memberikan efek langsung bagi tubuh akibat radiasi gelombang mikro 2,4 GHz yang dihasilkan.

3. Hilangnya nutrisi dan menimbulkan karsinogen pada makanan
Nutrisi asli dari makanan yang dipanaskan menggunakan microwave berpotensi hilang. Makanan yang harusnya bergizi akan berubah menjadi makanan mati. Secara teknis, molekul air yang berputar cepat dengan frekuensi tinggi pada microwave mengakibatkan perubahan struktur molekul pada makanan sehingga kandungan gizi menjadi berkurang. Begitu juga jika anda memanaskan makanan terbungkus plastik ke dalam microwave, akan menimbulkan karsinogen dalam makanan. Karsinogen adalah zat penyebab kanker. Pembungkus makanan memiliki kandungan seperti benzena , polyethylene terpthalate (PET), xilena, toluena, dan BPA. Sangat berbahaya jika racun tersebut terserap tubuh.

IMG_0481.JPG

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>